Dikelola Humas DPW PKS Sulawesi Utara. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunung Lokon Beraksi Lagi

Gunung Lokon di kota Tomohon sekitar pukul 11.25 waktu Indonesia Tengah, kembali mengeluarkan material dari perut bumi. Masyarakat yang bermukim di dekat gunung tersebut sempat merasakan gempa vulkanik, yang diikuti dengan gemuruh dari puncak kawah.
Kembali munculnya aktivitas gunung Lokon di kota Tomohon itu merupakan yang kesekian kalinya tercatat di 2012 ini. Sebelumnya pada pertengahan bulan lalu, lava gunung Lokon kembali tampak dipermukaan dan ikut mengeluarkan asap putih dari kawahnya.
Dalam aksinya yang tidak terlalu tampak pada menjelang siang tadi, penduduk sekitar gunung Lokon mengaku mendengarkan suara gemuruh, disertai kaca-kaca rumah yang bergetar.
Penduduk sekitar sendiri sudah mengetahui bahwa kejadian tersebut diakibatkan dari kembali beraksinya gunung Lokon. Asisten 3 sekretariat daerah kota Tomohon Ervins Liuw kepada Smart fm Manado mengatakan, aktivitas gunung Lokon itu sempat menimbulkan hujan abu, yang mengarah ke wilayah Tino’or –desa yang menghubungkan kabupaten Minahasa dan kota Manado.
Ia mengatakan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kota Tomohon sudah diinstruksikan memantau lebih lanjut, baik kondisi warga maupun aktivitas gunung tersebut.
Pemerintah kota Tomohon sendiri terus menyuarakan agar warga tidak melakukan aktivitas dalam radius 2,5 kilometer di sekitar gunung Lokon. Warga juga selalu diminta siap siaga, bila kelak harus mengikuti evakuasi akibat peningkatan aktivitas gunung berapi tersebut. (Denny Rumbayan)

sumber: Smart FM Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar