Dikelola Humas DPW PKS Sulawesi Utara. Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingnya Ilmu

Oleh Ustadz Danang Kuncoro Wicaksono,  Al Hafizh

Semangat beribadah itu baik, tapi harus diiringi dengan ilmu. Seseorang yang hanya memiliki semangat beribadah tapi tidak didukung dengan ilmu yang memadai bisa terjerumus ke dalam kesesatan.

Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani pernah bercerita:

Saya pernah melakukan suatu ibadah. Saat itu, tiba-tiba saya melihat sebuah kerajaan yang besar dan bercahaya. Lalu ada yang mengatakan kepada saya, "Wahai Abdul Qadir, aku adalah Tuhanmu. Sungguh telah aku halalkan untukmu semua yang aku haramkan untuk orang selainmu."

Lalu aku menjawab, "Kamu Allah yang tiada tuhan selain-Nya? Pergi kamu! Dasar musuh Allah!"

Maka seketika itu cahaya itu lenyap berganti kegelapan.

Lalu terdengar suara, "Wahai Abdul Qadir, kamu telah lulus dari godaanku berkat pemahamanmu yang baik terhadap agama, juga berkat ilmu dan penjagaanmu terhadap dirimu. Sungguh aku telah menyesatkan dengan godaan seperti ini sebanyak tujuh puluh orang."

Syaikh Abdul Qadir kemudian ditanya oleh seseorang, "Bagaimana anda bisa tahu bahwa dia adalah setan?"

Beliau menjawab, "Karena dia mengatakan: Telah aku halalkan untukmu semua yang aku haramkan untuk orang selainmu. Padahal aku tahu bahwa syariat Nabi Muhammad SAW tidak bisa diganti dan diubah. Juga karena dia mengatakan: Aku adalah tuhanmu. Dia tidak mampu mengatakan: Aku adalah Allah yang tidak ada tuhan selain-Nya."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar