Dikelola Humas DPW PKS Sulawesi Utara. Diberdayakan oleh Blogger.

Ciri Ibadur Rahman Terkait Kepemimpinan

Oleh Ustadz Dr. Atabik Luthf, MA.
 
Allah mengabadikan hamba-hamba-Nya dengan nama 'Ibadurrahman' sebagai manusia terbaik yang dinisbahkan dengan sifat Allah 'Ar-Rahmaan' Yang Maha Pengasih:

وَعِبَادُ الرَّحْمَٰنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

"Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (Ibadurrahman) adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan." (Al-Furqan: 63)

Salah satu harapan yang selalu disampaikan oleh Ibadurrahman dalam bentuk do'a tentang keturunan mereka adalah mempersiapkan kepemimpinan:

 وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata (berdoa): "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertaqwa" (Al-Furqan: 74)

Beberapa pelajaran yang dapat kita ambil adalah:
1. Persoalan kepemimpinan adalah persoalan prinsip dalam keluarga , karenanya menjadi doa calon penghuni syurga 'Ibadurrahman'.

2. Sejak masih dalam kandungan sudah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin bagi orang-orang bertaqwa; di level warga, masyarakat dan bangsa.

3. Pendidikan, pembinaan dan pengembangan ke arah mempersiapkan potensi kepemimpinan, sehingga tidak sukar mencari pemimpin dari kalangan orang bertaqwa seperti yang terjadi sekarang ini.

4. Betapa pentingnya kepemimpinan bagi orang beriman.

5. Sejak kecil, anak dilatih kepemimpinan, baik di rumah, sekolah dan masyarakat untuk penyiapan kepemimpinan ke depan.

 
 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar