Dikelola Humas DPW PKS Sulawesi Utara. Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingnya Teman yang Menolong dalam Kebaikan

Oleh Ustadz Dr. Atabik Luthfi, MA.

Seseorang sangat dipengaruhi oleh seorang yang menemani dan selalu mendampinginya. Carilah teman, pendamping, atau pembantu yang menolong dalam kebaika. Apakah itu dalam level keluarga, tempat bekerja, tempat beraktifitas, apalagi dalam skala yang lebih besar tanggung jawabnya yaitu kepemimpinan.

Justru Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengingatkan dalam skala yang lebih besar dalam haditsnya:

عن عائشة رضي اللَّه عنها قالتْ : قال رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم  : « إذا أرَادَ اللَّه بالأمِيرِ خيراً ، جَعَلَ له وزيرَ صِدقٍ ، إن نَسي ذكَّرهُ ، وَإن ذَكَرَ أعَانَهُ ، وَإذا أَرَاد بهِ غَيرَ ذلك جعَلَ له وَزِيرَ سُوءٍ ، إن نَسي لم يُذَكِّره ، وَإن ذَكَرَ لم يُعِنْهُ». رواه أبو داود

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya, "Rasulullah bersabda, 'Apabila Allah menghendaki kepada seseorang amir -penguasa negara - menjadi baik, maka Allah membuat untuk wazir - atau pembantu - yang benar. Jikalau amir itu lupa-dari melaksanakan kebaikan, maka wazir itu mengingatkannya dan jikalau amir itu ingat - untuk melakukan kebaikan, maka wazir itu memberikan pertolongan. Tetapi apabila Allah menghendaki kepada seseorang amir menjadi yang selain itu - yakni menjadi amir yang buruk, maka Allah membuat untuknya wazir yang buruk pula. Jikalau amir itu lupa - dari melaksanakan kebaikan, maka wazir itu tidak suka mengingatkannya dan jikalau amir itu telah ingat - untuk melaksanakan kebaikan, maka wazir itupun tidak suka memberikan pertolongan kepadanya.'" (Diriwayatkan oleh Abu Dawud)

Mari kita perbanyak teman, sahabat, pembantu atau pendamping yang menolong kepada kebaikan, bukan justru yang menjerumuskan.

Ya Allah, hadirkan untuk kami sahabat, pendamping, saudara, keluarga, pembantu dan semua yang dekat bersama kami, mereka yang selalu berusaha menolong kami dalam kebaikan. Amiin...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar